Film Yang Mengajarkan Kita Tentang Keuangan

Film Yang Mengajarkan Kita Tentang Keuangan

Film Yang Mengajarkan Kita Tentang Keuangan

Kita bisa belajar tentang keuangan dari mana pun di era yang canggih seperti sekarang. Mulai dari internet, sesi berbagi saat seminar, podcast, bahkan dari film yang menarik untuk kita tonton. Sebenarnya ada banyak film yang mengajarkan kita, satu-dua hal, tentang keuangan. Yang tentu bisa memberikan hikmah tersendiri bagi kita yang ingin memahami keuangan dengan cara yang berbeda.

Berikut di antaranya film yang bisa kamu saksikan:

1. It’s A Wonderful Life
Tidak ada film yang mampu memberikan moral value yang lebih tulus dan indah daripada It’s A Wonderful Life. Dimainkan oleh James Stewart, George Bailey berada pada masa-masa sulit dan dalam perenungan untuk bunuh diri. Namun, ia bertemu malaikat penjaganya, Clarence.

Clarence menunjukkan serangkaian adegan yang tragis, seperti apa hidup ini jika Bailey tidak pernah ada. Nilai-nilai film ini bersandar kuat dalam kekeluargaan, persahabatan, kedermawanan, dan cinta yang mengalahkan uang setiap saat. Sampai saat ini, tidak ada lagi kisah uang yang mengharukan di bioskop.

2. Catch Me If You Can
Leonardo di Caprio bermain bersama Tom Hanks sebagai Frank Abagnale Jr., seorang pria yang telah berhasil melakukan kontra senilai jutaan dolar sebelum usia 19 tahun.

Dengan menyamar sebagai pilot maskapai penerbangan, dokter, dan jaksa penuntut paroki, ia melakukan penipuan untuk mendanai gaya hidupnya yang mewah.

Kecakapannya untuk menipu diketahui oleh FBI, yang setelah menangkapnya, menggunakan keahliannya untuk membantu menangkap penjahat lainnya.

3. The Wolf Of Wall Street
Leonardo di Caprio bersinar lagi, kali ini sebagai Jordan Belfort, pialang saham yang lancar berbicara. Gaya hidupnya yang mewah didanai dengan menipu kliennya dari uang mereka dan membelanjakan uang dengan boros.

Klien-klien yang ditipu, sementara itu, kehilangan uang. Pelajaran di sini tak terhitung banyaknya. Hindari jebakan kepuasan instan, kelola kesuksesan dengan bijak, dan tentu saja berhati-hatilah dengan broker serakah mana yang Anda percayai dengan uang Anda.

4. Joy
Film yang dibintangi Jennifer Lawrence menceritakan kisah nyata Joy Mangano, penemu Miracle Mop dan sekarang jutawan.

Apa pesan yang ingin disampaikan? Jangan pernah menyerah, percaya pada kekuatan ide-ide Anda, dan abaikan kemunduran di sepanjang jalan. Tidak ada yang mengalahkan kemenangan dari yang tertindas.

5. The Full Monty
Berada di Inggris Utara selama krisis keuangan yang parah, enam penambang beralih ke jalur karier yang tidak biasa untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kesempatan kerja yang membuat mereka menghadapi Chippendales dalam sebuah pertunjukan striptis saingan.

6. The Social Network
Film ini pemenang penghargaan tahun 2010 tentang kelahiran Facebook menceritakan kisah Mark Zuckerberg muda. Film ini menceritakan masalah hukum yang ia temui ketika si kembar Winklevoss membawanya ke pengadilan dengan alasan ia telah mencuri ide mereka.

Pada akhirnya, si kembar menang, merugikan Zuckerberg dan Facebook dalam jumlah besar uang. Moral dari cerita ini? Ambil nasihat hukum yang tepat dan lindungi kekayaan intelektual Anda ketika memulai bisnis, karena Anda tidak pernah tahu banyak hal yang mungkin akan membebani Anda lebih jauh.

7. The Money Pit
Sebuah film klasik dari Tom Hanks, di mana ia dan rekannya membeli sendiri sebuah rumah dengan harga murah, yakin mereka baru saja menemukan rumah impian mereka.

Namun, mereka kemudian menyadari bahwa rumah tidak akan menguntungkan malah justru menguras uang karena tagihan untuk perbaikan dan perawatan.

Tentu saja, apa yang seharusnya mereka lakukan adalah lebih berhati-hati dalam menginvestasikan uang mereka dengan bijak.

8. Ocean's 8
This 2018 film ulang Ocean's 11 klasik dengan pemain semua wanita, menunjukkan bahwa wanita sama mampu keserakahan dan penipuan seperti pria.

Debbie Ocean, diperankan oleh Sandra Bullock, mempekerjakan kru super berbakat untuk melakukan perampokan yang ambisius di New York City Met Gala. Menggabungkan taktik cerdas dengan kemewahan yang mustahil, tim merencanakan dan melaksanakan perampokan paling mengesankan dalam sejarah.

9. Slumdog Millionaire
Disutradarai oleh Danny Boyle, klasik modern ini memenangkan tidak kurang dari delapan Oscar. Dibintangi Dev Patel saat remaja dibesarkan di Mumbai yang mendapati dirinya seorang kontestan di Who Wants To Be A Millionaire.

Tidak ada yang bisa percaya bahwa anak dari daerah kumuh ini mendapatkan jawaban demi jawaban yang benar. Tetapi melalui serangkaian kilas balik, kita belajar bagaimana dia memperoleh pengetahuan ini, saat dia semakin dekat dan semakin dekat dengan pertanyaan terakhir itu.

Kisah epik lain di mana underdog menang.

10. Jerry Maguire
Film ini mengajarkan kita untuk menghargai orang lain daripada uang, menghargai diri sendiri atas mesin perusahaan, serta nilai moralitas dalam bisnis.

Kita belajar bahwa ada lebih banyak hal dalam kehidupan daripada uang dan bahwa seseorang tidak dapat dinilai berdasarkan nilai finansial mereka.

11. The Pursuit of Happiness
Film lain dalam daftar kami yang didasarkan pada kisah kehidupan nyata. Will Smith memerankan seorang pria yang menjadi tunawisma setelah perceraian, menghadapi pekerjaan magang yang tidak dibayar serta merawat putranya yang masih kecil.

Melawan segala rintangan, ia berhasil keluar dari kemelaratan. Film yang menyayat hati ini telah banyak mengajarkan kita tentang kerja keras, kepercayaan diri, dan tidak pernah menyerah.

Namun, kita juga harus memperhatikan peringatan film tentang persiapan untuk masa depan dan memiliki rencana cadangan.

Itulah beberapa film yang secara tidak langsung mengajarkan kita tentang keuangan. Nah, mana film yang sudah pernah Anda tonton? Share di sini, yuk!

0 Response to "Film Yang Mengajarkan Kita Tentang Keuangan"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel