Business Mindset Oleh Pak Subiakto

mindset-pebisnis

Pada dasarnya pebisnis itu dibagi menjadi 3 tingkatan :

Pebisnis Pemula, bisnis strateginya Entry Strategy

Pebisnis pemula sibuk mengejar profit, sibuk mencari sumber income alias pembeli. Sibuk membangun startup. Diversifikasi maupun konglomerasi. Pebisnis pemula fokus kepada product physical benefit dan product emotional benefit. Sibuk membangun brand loyalty lewat identitas visual produk.

Pebisnis Dewasa, bisnisnya strategi Growth Strategy

Tujuan bisnisnya bukan lagi mencari profit tetapi sudah beralih ke sales Growth. Sibuk membangun entry barrier untuk melindungi bisnisnya tanpa dia sadari bahwa dia sekaligus membangun ecxit barrier. Sibuk mencari sumber pertumbuhan dengan membuka cabang atau franchise untuk menarik minta investor baik perorangan, lembaga maupun ipo.

Tujuan brandingnya membangun ikatan emosi dengan pembeli agar menjadi pelanggan, membangun brand loyalty dengan membanhgun persepsi, ekspektasi, reaksi dan aksi demi sebuah reputasi.

Pebisnis Matang, Bisnisnya strateginya Exit Strategy

Pebisnis matang sudah merencakan exit strategy bahkan ketika baru memulai usahanya. Pebisnis matang sudah tahu bagaimana melipatgandakan asset physic perusahaan dengan mengetahui Growth factornya.

Tujuan bisnisnya adalah Business Valuation, berupa tangible asset maupun intangible asset. Pebisnis matang tau bahwa entry barrier yang dia ciptakan sekaligus bisa menjadi exit barrier bagi bisnisnya. Karena itu pebisnis matang fokus kepada valuation intagible asset karena tau nilainya bisa 5x dari physical assetnya ketika ditawarkan kepada investor baik perseorangan, lembaga maupun IPO.

Sumber : IG @subiakto

0 Response to "Business Mindset Oleh Pak Subiakto"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel