E-Billing, Cara Bayar NPWP Online Praktis dan Mudah

Seiring dengan usaha dirjen pajak (djp) agar masyarakat lebih patuh membayarkan pajaknya sekarang ini bisa dilakukan dengan cara bayar npwp online. Metode ini terbukti lebih praktis serta gampang penerapannya.

Dengan melakukan proses lapor serta bayar pajak dengan cara online, maka setiap orang bisa melakukannya. Jadi Kamu tidak perlu mendatangi kantor jika mau membuat laporan atau membayar.

cara bayar npwp online

Pajak yang telah dibayarkan oleh masyarakat memang nantinya dijadikan sebagai sumber utama dari pendapatan negara dan dipakai untuk pembangunan. Untuk melancarkan pembangunan negara, maka target pajak harus dicapai pemerintah.

Tentunya tujuan dibayarkan pajak ini agar masyarakat bisa lebih sejaktera. Rakyat wajib membayarkan pajak dan itu ada beberapa jenisnya, dimana sudah diatur oleh pemerintah, jadi Kamu harus tahu apa saja.

Kini ada banyak cara yang ditawarkan oleh pemerintah guna membuat wajib pajak lebih dimudahkan lagi dalam pembayarannya. Salah satu metodenya ialah dengan cara bayar npwp online.

Ini merupakan cara yang sangat tepat dipilih oleh siapa saja yang tidak punya banyak waktu untuk datang dan mengurus langsung di kantor. Salah satu caranya ialah menggunakan ebilling

Dimana hal tersebut merupakan sistem pembayaran secara daring yang ditetapkan oleh dirjen pajak. Dengan memanfaatkan ebilling ini, maka akan lebih memudahkan Anda untuk membayarkan pajak tanpa harus anter di kantor.

Tidak perlu membuat surat setoran secara manual, karena semua data bisa diisi menggunakan sistem online. ini merupakan satu langkah praktis dimana membuat semua masyarakat dapat melangsungkan pembayaran dengan nyaman.Sebelum Tahu Cara Bayar NPWP Online, Kenali Manfaat Pajak

Tentunya sebagai salah satu sumber dari pendapatan negara paling besar, mamang pajak punya banyak manfaat. Sebelum Kamu mencari informasi mengenai cara bayar npwp online, maka kenali dulu manfaat dari pajak.

Pengeluaran negara self equidating

Uang yang dibayarkan masyarakat Indonesia nantinya akan dipakai untuk membiayai semua keperluan negara dimana sifatnya self liquidating. Seperti pengeluaran dimana dipakai untuk biaya produksi ekspor.

Pengeluaran produktif

Hal ini juga nantinya akan dipakai untuk keperluan negara yang sifatnya produktif. Ini contohnya ialah kesehatan, anggaran untuk pendidikan, pertanian, membangun keperluan infrastruktur, serta lainnya.

Biaya non-produktif

Menggunakan cara bayar npwp online ini Kamu harus tahu manfaat lainnya yakni sebagai pengeluaran negara dimana sifatnya non-liquidating dan non-produktif, tetapi bermanfaat untuk warga. Seperti pengeluaran untuk pembangunan monumen atau tempat rekreasi.

Keperluan negara

Nantinya uang pajak akan dipakai untuk pengeluaran atau pembiayaan yang sifatnya tidak produktif, namun diperlukan oleh negara. Seperti pembelian senjata untuk memperkuat pertahanan negara atau pengeluaran warga memerlukan dan yatim piatu.

Jika Kamu membayar pajak rutin dan jujur sesuai ketentuan, maka semua manfaat tersebut bisa ikut dirasakan. Ini berarti uang yang dibayarkan oleh masyarakat juga pada akhirnya dinikmati rakyat sendiri.

Seperti pengadaan fasilitas umum yang memadai, infrastruktur bagus, misalnya sekolah, jembatan, atau jalan. Selain itu juga jaminan keamanan dan pertahanan negara, transportasi umum, subsidi, serta lainnya dapat dinikmati oleh rakyat.

Cara Bayar NPWP Online dengan E-Billing

Tentunya jika mau melakukan pembayaran ini secara daring, maka Kamu harus daftar dulu kode billing atau e-billing. Ini merupakan metode untuk pembayaran atau penyetoran pajak dengan cara elektronik.

Jika menggunakan cara bayar npwp online ini, maka Kamu tidak lagi perlu membuat ssbp, sspb, atau ssp (surat setoran) secara manual. Karena semua bisa dilakukan menggunakan ebilling djp.

Memakai metode ini, maka membayar pajak jadi lebih gampang serta praktis dilakukan, karena cukup mendaftarkan ebilling saja. Sehingga kapan dan dimana saja Kamu dapat melakukan penyetoran atau pembayaran dengan praktis.

Baca juga : Restitusi pajak adalah?

Selain itu juga dapat dipakai untuk menghindari kesalahan saat mencatat proses transaksi pembayaran. Dimana hal ini bisa saja terjadi apabila Kamu melakukan penyetoran penerimaan negara secara manual.

Apabila menerapkan cara bayar npwp online menggunakan ebilling ini, maka transaksi yang dilakukan juga dapat secara real time. Karena data serta hasil dari transaksinya akan langsung masuk ke data djp.

Jadi dengan hal ini membuat risiko data hilang karena lalai atau alasan lainnya bisa dikurangi. Teknologi internet membuat penyetoran atau pembayaran bisa dijalankan dengan cepat dan pastinya jadi efisien.

Langkah Mudah Cara Bayar NPWP Online

Sebelum Kamu mulai menerapkan cara pembayaran menggunakan sistem online, maka Anda harus masuk aplikasi billing dari dpj. Selain melalui djp online, Kamu juga bisa memakai asp, bank, atau kantor pos.

Namun jika mau melakukan cara bayar npwp online menggunakan aplikasi itu, Kamu harus datang ke kantor pajak dulu. Ini dilakukan agar bisa mengaktifkan electronic filing identification number (e-FIN).

Sebab membuat e-fin ini masih dilakukan secara manual belum bisa menggunakan sistem online. setelah nomor efin sudah selesai, maka selanjutnya ialah membuat akun djp secara online dengan registrasi.

Apabila sudah punya akunnya, maka selanjutnya bisa menerapkan cara bayar npwp online menggunakan ebilling. Pertama harus login ke situs resmi djp online dan masukkan nomor npwp serta password akun.

Setelah itu memilih menu ebilling sistem dan klik opsi SSE, nantinya Kamu akan mendapatkan form dimana wajib diisi. Data dalam form akan secara otomatis diisi, jadi hanya perlu mengubah beberapa.

Seperti jenis, tahun, jenis setoran, jumlah, uraian yang harus dibayar, tahun, dan masa pajak. Jika sudah diisi semua, selanjutnya klik simpan dan pilih kode billing serta cetak untuk mendapatkan kodenya.

Membayar pajak kini bukan lagi hal yang sulit dilakukan karena menggunakan fitur online. Jika Kamu masih bingung untuk menerapkan cara bayar npwp online, maka bisa bertanya ke cs djp online.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel