Mengenal Akun Laporan Keuangan dalam Akuntansi

 Akun laporan keuangan menjadi media yang dapat digunakan untuk mencatat semua transaksi perusahaan. Keberadaan akun-akun dalam akuntansi berperan penting saat menyajikan data keuangan.

Tujuannya agar informasi yang disajikan lebih sistematis, mudah untuk menganalisisnya dan bersifat logis. Akibatnya, keputusan bisnis yang diambil menjadi lebih akurat.

Akun Laporan Keuangan

Selain mengetahui jenis-jenis akun tersebut, kamu juga harus mempelajari jenis-jenis laporan keuangan dan fungsinya. Perusahaan yang baik biasanya mempunyai sistem pelaporan yang lebih tertata.

Dengan demikian, akan mempermudah dalam menganalisis kondisi keuangan di perusahaan. Pada umumnya pihak manajemen akan melihatnya berdasarkan data-data aktual terkait kondisi perusahaan.

Jenis dari Laporan Keuangan pada Akuntansi

Jenis laporan keuangan terbagi menjadi 5, yaitu laporan laba rugi yang fungsinya membantu menentukan posisi bisnis. Apabila pendapatan jauh lebih besar dari biaya produksi maka mendapatkan laba.

Sebaliknya, jika pendapatan lebih kecil dari beban maka akan mengalami kerugian. Cara membuatnya bisa menggunakan metode single step atau multiple step.

Penyajian akun laporan keuangan dengan single step lebih mudah daripada menggunakan multiple step. Hal ini dikarenakan kamu cukup menjumlahkan semua pendapatan, kemudian dikurangi dengan besarnya biaya.

Berbeda dengan multiple step yang mana terdapat 2 kategori pendapatan. Ada pendapatan operasional dan non operasional perusahaan. Pembagian kategori itu berlaku juga pada beban.

Selanjutnya, ada laporan perubahan modal atau ekuitas. Perubahan dapat terjadi akibat modal dipakai untuk menjalankan roda perusahaan. Selain itu, karena ada penambahan jumlah laba dan pemakaian modal untuk keperluan lainnya.

Baca juga : Laporan Keuangan Tahunan: Manfaatnya Untuk Bisnis Anda!

Informasi tentang perubahan ekuitas perusahaan ini disajikan dalam periode tertentu. Lalu, pada neraca menyajikan berbagai akun laporan keuangan yaitu utang, aktiva dan modal.

Neraca memiliki 2 bentuk, yaitu vertikal dan horizontal. Modal dalam neraca ini nilainya sudah tercatat di laporan perubahan modal. Pada cash flow statement berfungsi melaporkan informasi arus masuk dan keluar.

Perputaran arus dana penting untuk diketahui agar bisa mengontrol kas perusahaan. Kamu bisa melihat arus kas masuk dari hasil kegiatan operasional.

Berbeda dengan arus kas keluar yang sumbernya dari beban biaya untuk investasi di bisnis lainnya atau kegiatan operasional. Apabila dalam proses penyusunanya benar maka data-data yang disajikan terjamin liabilitasnya.

Intip Fungsi Pembuatan Laporan Keuangan

Pembuatan sebuah laporan keuangan memiliki fungsi tertentu, misalnya sebagai bahan evaluasi. Dalam hal ini akan diketahui apakah bisnis berjalan lancar atau tidak.

Dalam evaluasi ini membutuhkan pedoman untuk menilai kesuksesan perusahaan. Menurut Hans (2016:126) menyebutkan fungsi laporan ini yaitu memberikan informasi terkait  kinerja dan posisi keuangan serta arus kas entitas.

Semua informasi tersebut akan mempengaruhi pengambilan keputusan ekonomi. Penilaiannya juga bisa memanfaatkan akun laporan keuangan. Adanya laporan tersebut maka kamu bisa melihat kembali rekam jejak keuangan secara detail.

Rekam jejak ini digunakan sebagai salah satu wujud pertanggung jawaban kepada stakeholder yang berkaitan dengan pajak dan lainnya. Di perusahaan terbuka, pemegang saham dan investor menggunakannya untuk mengamati kondisi perusahaan.

Selanjutnya, berfungsi menilai bagaimana kondisi usaha yang saat ini sedang dijalankan. Apabila dalam catatan banyak menyajikan data kerugian maka perusahaan mengalami kemunduran.

Jika akun laporan keuangan lebih banyak menampilkan data profit maka bisa diartikan usaha tersebut mengalami perkembangan. Hal ini dapat dijadikan pedoman untuk menentukan strategi bisnis selanjutnya.

Bagi pihak eksternal seperti kreditur, digunakan sebagai pertimbangan ketika menilai potensi perusahaan untuk membayar hutang sebelum memberikan pinjaman. Selain itu, menjadi tolak ukur pemerintah untuk menghitung besarnya pajak perusahaan.

Selanjutnya, bagi sektor publik atau masyarakat luas bisa dimanfaatkan sebagai bahan analisa maupun penelitian akademis. Caranya dengan menghitung total pendapatan termasuk yang berasal dari luar usaha seperti deposito.

Inilah 5 Macam Akun Laporan Keuangan

Kamu harus mengenal akun dalam akuntansi sehingga dapat membantu ketika melaporkan kondisi keuangan. Fungsi dari masing-masing akun berbeda, berikut penjelasannya.

Aktiva

Aktiva dikenal sebagai aset harta yang dinilai menggunakan satuan mata uang. Jenisnya ada 5, yaitu aktiva lancar, tetap, tidak berwujud, investasi jangka panjang dan aktiva lain.

Akun laporan keuangan yang satu ini berfungsi untuk memperlihatkan pencatatan unsur aktiva perusahaan. Contoh aktiva lancar adalah kas, piutang dagang, dividen, dan surat berharga.

Aktiva tetap contohnya alat pengangkutan, gedung, peralatan kantor dan mesin. Aktiva tidak berwujud yaitu harta yang memberikan banyak manfaat ekonomi.

Contohnya seperti hak paten, hak cipta dan merek dagang. Aktiva investasi jangka panjang antara lain obligasi dan surat berharga. Aktiva lain di sini berupa gedung yang sedang dalam proses pembangunan.

Modal

Akun laporan keuangan berikutnya adalah modal. Modal yaitu kekayaan bersih perusahaan sebagai hasil selisih antara kewajiban dan aset. Sumbernya berasal dari saham, investasi, obligasi dan lain-lain.

Utang

Utang menjadi kewajiban bagi perusahaan dan harus membayarkannya kepada pihak lain.  Ada 3 macam utang, yaitu utang lancar, jangka pendek dan utang lain.

Utang lancar contohnya utang untuk dagang, gaji, bunga, usaha dan pajak. Utang jangka pendek misalnya utang obligasi. Sedangkan, utang lain yaitu utang kepada direksi.

Beban

Akun laporan keuangan tersebut mencakup semua biaya yang dikeluarkan untuk keperluan operasional perusahaan. Misalnya beban listrik, air, biaya telepon dan perlengkapan lainnya.

Pendapatan

Pendapatan adalah semua keuntungan yang didapatkan dalam 1 periode akuntansi. Contohnya keuntungan penjualan produk. Selain itu, ada pendapatan di luar usaha seperti bunga bank.

Laporan keuangan jenisnya banyak, biasanya dibuat sebagai bentuk pertanggung jawaban dari perusahaan. Selain itu, kamu perlu mengetahui apa saja akun laporan keuangan beserta contohnya. Nah untuk mempermudah dalam pembuatan laporan keuangan anda dapat mencoba menggunakan software akuntansi dari jurnal.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel